Jurnal online Local Wisdom Jurusan Arsitektur UNMER - About Local Wisdom

You Visitors Number:
Hit Counter by Digits

Since December 1st 2009

POLLING

Rate my site
Total of answers: 60

SEDANG ONLINE


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0

Login form


TELAH TERBIT BUKU BARU
LOCAL WISDOM

About Local Wisdom

Web site ini merupakan media publikasi ilmiah atas kajian-kajian Lokal Wisdom (Kearifan Lokal) yang dilakukan oleh para pemerhati naik yang tergabung dalam komunitas grup Local Wisbom maupun belum. Keanggotaan sangat terbuka yang bisa diakses melalui situs pertemanan Facebook.
Istilah local wisdom (kearifan lokal) mempunyai arti yang sangat mendalam dan menjadi suatu kosa kata yang sedang familiar di telinga kita akhir-akhir ini. Banyak ungkapan dan perilaku yang bermuatan nilai luhur, penuh kearifan, muncul di komunitas lokal sebagai upaya dalam menyikapi permasalahan kehidupan yang dapat dipastikan akan dialami oleh masyarakat tersebut. Realita ini muncul ke permukaan karena tidak adanya solusi global yang dapat membantu memberikan jawaban terhadap segala kejadian yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka. Faktor ke-terlibatan para pendahulu, nenek moyang, yang mewariskan tradisi tersebut kepada generasi berikutnya menjadi sangat penting bagi terjaganya kearifan tersebut. Dalam perkembangannya, bisa jadi kearifan yang timbul antar komunitas lokal itu berbeda dengan yang lainnya, tanpa menghilangkan subtansi yang dimiliki dari nilai kearifan tersebut, yaitu berfungsi sebagai solusi terhadap masalah yang ada di sekitarnya. Sehingga, dalam beberapa hal akan memungkinkan timbulnya kearifan yang beranekaragam dari komunitas lokal tersebut, walau dengan obyek permasalahan yang sama. Perencanaan dan perancangan lingkungan binaan pada hakekatnya merupakan pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan yang terpadu. Eksploitasi bentang alam yang tidak memperhatikan kearifan lokal diduga akan menyebabkan krisis lingkungan. Budaya bermukim masyarakat dengan latar belakang sosial-budayanya telah menghasilkan produk lingkungan binaan sebagai wujud kearifan masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan alam.
DISCLAIMER
  1. Isi Artikel/tulisan yang dimuat dalam Jurnal Online Local Wisdom (JOLW) ini sepenuhnya menjadi tangungjawab penulis.
  2. Keaslian/originalitas karya dan segala sesuatu yang berkaitan dengan aspek legalitas karya menjadi tanggungjawab penulis, Redaktur  JOLW melakukan kontrol terhadap kelayakan substansi lebih kepada konsistensi tema yang berkaitan dengan ranah bahasan local wisdom.
  3. Setiap artikel yang dikirim kepada redaksi JOLW merupakan karya asli penulis, apabila pernah dipaparkan dalam event seminar/congress harap diisebutkan secara detail, sebagai wujud pertanggungjawaban ilmiah.
  4. Penggunaan artikel yang diambil dalam JOLW  untuk kepentingan komersial tidak diperbolehkan kecuali atas ijin dari penulis. Mohon disebutkan alamat situs ini jika menggunakan artikel yang diupload/dicopy dari JOLW.



Search

Calendar

«  December 2016  »
SuMoTuWeThFrSa
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Entries archive



Site friends

  • Create your own site
  • Share

    SUSUNAN REDAKSI:

    Pimpinan Redaksi:

    Prof. Respati Wikantiyoso

    Anggota Redaksi:

    Etikawati TP
    Pindo Tutuko
    Hery Budiyanto
    Edi Subagijo

    Mitra Bestari:

    Prof. Eko Budihardjo(UNDIP)
    Prof. Josef Prijotomo (ITS)
    Prof. Respati Wikantiyoso (UNMER)
    Prof. Antariksa (UB)
    Prof. Bambang Hari W (UGM)
    Prof. Totok Rusmanto (UNDIP)
    Baskoro Tedjo Ph.D. (ITB)
    Lalu Mulyadi Ph.D. (ITN)
    Lucia Asdra R.Ph.D. (UAJY)
    DR. S u g i n i (UII)
    DR. Naidah Naing (UMI)

    Penerbit:

    Pusat Studi Kearifan Lokal
    (Center for Local Wisdom Studies)
    Local Wisdom

    Create Your Badge
    Laboratorium Kota dan Permukiman
    Jurusan Arsitektur UNMER

    Alamat Redaksi:

    Jurusan Arsitektur
    Universitas Merdeka Malang
    Jln. Puncak Jaya 36 Malang
    Telp/Fax: +62-341-584293
    Malang-Indonesia

    Web Badan Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Unmer